Cara Membersihkan Protection History di Windows Defender

Om Swastyastu…

Windows Defender merupakan anti-malware bawaan di Windows 10 dan juga 11. Kemampuannya dalam hal mendeteksi pun cukup handal, dan bisa dikatakan setara dengan program keamanan pihak ketiga.

Sekedar informasi, setiap kali Windows Defender mendeteksi file yang dicurigai sebagai malware, maka akan dicatat pada halaman yang bernama Protection History, kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini.

cara membersihkan protection history

Sayangnya, Microsoft tidak menyediakan opsi menu atau tombol untuk menghapus catatan pada halaman Protection History. Tapi, kita bisa menggunakan sebuah trik jika kebetulan ingin membersihkannya.

Dan berikut adalah caranya…

Membersihkan Protection History di Windows Defender

Pertama - Buka Run command dengan menekan kombinasi tombol Win + R pada keyboard. Lalu kemudian masukkan perintah dibawah ini.

C:\ProgramData\Microsoft\Windows Defender\Scans

Setelah itu klik tombol OK.

membersihkan protection history

Kedua - Pada pesan peringatan yang muncul, pilih Continue untuk melanjutkan dan membuka folder Scans di File Explorer.

membersihkan protection history di windows defender

Ketiga - Buka folder History, lalu buka lagi folder Service. Disini kamu akan melihat beberapa folder dan juga file seperti gambar dibawah ini.

menghapus protection history

Keempat - Hapus semua yang ada pada folder ini. Caranya, pilih semua file dan folder dengan Ctrl + A, lalu klik kanan dan pilih Delete.

cara menghapus protection history

Oke, sampai disini kamu bisa menutup File Explorer, lalu kemudian buka Windows Defender dan lihatlah pada halaman Protection History. Semua catatan akan dihapus, dan sekarang halaman terlihat bersih seperti gambar dibawah ini.

menghapus protection history di windows defender

Om Santih, Santih, Santih, Om…

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url