Baca

10/random/ticker-posts

Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows

Om Swastyastu...

Hai teman, berjumpa lagi dengan saya yang kali ini membawakan tutorial yakni Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows. Kalau kamu belum tau apa itu “ekstensi”, yaitu sebutan untuk huruf yang ada dibelakang nama sebuah file, umumnya terdiri dari 2 atau 3 huruf, tapi ada juga yang lebih. Ekstensi selalu diawali dengan tanda “.” (titik), contohnya nama_file.txt atau dokumenku.docx.

cara menampilkan ekstensi file

Tujuan dari menampilkan ekstensi ini adalah supaya kita bisa mengetahui file jenis apa yang tersimpan di komputer kita, dan file apa yang akan kita buka/jalankan di komputer. 

Karena sekarang ada beberapa virus yang menyamar sebagai file dokumen, iconnya pun sama persis dengan file dokumen yang asli. Sehingga membuat pengguna terkecoh dan menjalankan file virus yang sebenarnya file program berekstensi “.exe”. 

Secara bawaan, Windows memang tidak menampilkan ekstensi tersebut. Tapi kita masih bisa kalau memang ingin menampilkannya, yaitu lewat pengaturan. Dan berikut adalah caranya...

Menampilkan Ekstensi File di Windows Explorer


Disini saya akan membagikan 2 cara untuk menampilkannya, yaitu lewat Explorer dan melalui Folder Options.

Cara 1 – Melalui File Explorer (Windows 8 - 10).

Sejak Windows 8, tampilan explorer berubah menjadi gaya ribbon dan memudahkan pengguna dalam mengelola filenya, salah satunya adalah menampilkan ekstensi file. Caranya adalah, buka File Explorer (Win + E), pilih tab View dan beri centang pada pilihan File name extensions.

memunculkan ekstensi file

Cara 2 – Menggunakan Folder Options (Semua Windows).

Jika kamu masih menggunakan versi Windows yang lawas (XP, Vista, 7), kamu bisa menggunakan cara ini untuk menampilkan ekstensi dari file. Langkah pertama silahkan buka Folder Options, pilih tab View dan hilangkan centang pada Hide extensions for known file types. Setelah itu klik tombol OK.

menampilkan ekstensi di windows

Oke, terima kasih sudah membaca artikel Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu, dan kalau punya pertanyaan terkait tutorial ini, silahkan tanyakan lewat komentar.



Om Santih, Santih, Santih, Om...

Post a Comment

0 Comments