Baca

10/random/ticker-posts

Cara Defrag Hard Disk di Windows 10

Om Swastyastu…

Pada tulisan kali ini, saya akan memberitahu kamu cara melakukan defrag pada harddisk. Tapi sebelum itu, baca dulu kenapa harddisk perlu didefrag.

Saat pengguna menyimpan data di harddisk, data akan dipecah menjadi bagian – bagian kecil dan diletakan di sector yang berbeda. Jika letak sector itu saling berjauhan, maka akan membuat system mengakses data lebih lambat. Karena harddisk akan mencari lebih dulu bagian – bagian data yang terkait.

Ibaratnya seperti lemari buku, jika buku – buku tersebut tidak tersusun dengan rapi, maka akan lebih lama mencari buku yang diinginkan.

Karena itu, melakukan defrag pada harddisk bertujuan untuk merapikan data yang terfragmentasi atau yang “berantakan” tersebut dengan memindahkannya ke sector yang kosong dan disusun berurutan sehingga menjadi rapi dan kinerja sistem pun bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Cara Mendefrag Harddisk di Windows 10


Buka Run command, ketikkan “dfrgui” kemudian klik OK. Sehingga muncul jendela untuk mendefrag harddisk yang berjudul “Optimize Drives”.

Gambar 1 - Cara Mendefrag Harddisk di Windows 10
Gambar 1.

Gambar 2 - Cara Mendefrag Harddisk di Windows 10
Gambar 2.

Pilih drive yang ingin didefrag, kemudian klik “Analyze” untuk mengecek file yang terfragmentasi. Jumlah file yang terfragmentasi akan ditampilkan dalam % (persen) pada kolom Current Status.

Setelah itu, kamu bisa mengklik tombol “Optimize” untuk memulai proses mendefrag, dan tunggulah beberapa saat hingga selesai.

Cara Mendefrag Otomatis


Jika kamu ingin, kamu bisa mengatur system agar melakukan defrag otomatis pada harddisk sesuai jadwal yang ditentukan. Caranya sebagai berikut…

Pada jendela Optimize Drive, klik tombol Turn on.

Gambar 3 - Cara Mendefrag Harddisk di Windows 10
Gambar 3.

Beri centang pada “Run on a schedule (recommended), atur jadwal defrag otomatis (Daily, Weekly, Monthly), pilih drive yang akan didefrag. Setelah semuanya sudah diatur, silahkan klik tombol OK. Status akan berubah menjadi ON pada Scheduled optimization.

Gambar 4 - Cara Mendefrag Harddisk di Windows 10
Gambar 4.

Note: Mendefrag harddisk terlalu sering bisa berdampak buruk pada kesehatan harddisk, disarankan melakukan defrag setidaknya sebulan sekali. Cara ini tidak bisa digunakan untuk SSD, karena SSD berbeda dengan harddisk dan tidak perlu didefrag.

Itulah tadi cara melakukan defrag harddisk di Windows 10, semoga dengan ini performa system bisa menjadi lebih cepat. Silahkan tunggu artikel – artikel berikutnya dari saya, semoga bermanfaat.

Om Santih, Santih, Santih, Om…

Post a Comment

0 Comments