Baca

10/random/ticker-posts

Clean Master: Cara Mudah Untuk Menjaga Windows Selalu Bersih

Om Swastyastu...

Waahhh... sudah lama juga ya saya gak update blog ini... Begini nih, kalo malesnya lagi menguasai diri saya, jadi males ngapa- ngapain... Dan sekarang mumpung lagi semangat – semangatnya untuk nulis artikel, langsung saja saya tulis artikel ini...

Pada kesempatan ini saya akan membahas suatu aplikasi komputer yang berguna untuk menjaga Windows agar selalu “bersih”, namanya adalah Clean Master. 

Saya yakin, bagi kamu pengguna smartphone Android, pasti tau lah aplikasi yang satu ini. Soalnya ini adalah satu dari sekian banyak aplikasi populer untuk bersih – bersih sampah pada Android. Dan sekarang yang saya bagikan ini adalah versi untuk PC-nya, khususnya untuk Windows.

Kenapa harus pake Clean Master?
Ya, seperti saya bilang tadi, Clean Master berguna untuk membersihkan sampah pada Windows, selain untuk menambah ruang kosong pada harddisk karena file – file sampah yang tidak berguna dihapus, bisa juga untuk membuat sistem menjadi lebih cepat. 

Selain itu, bisa juga melindungi privacy kamu ketika menggunakan komputer, seperti menghapus jejak aktifitas kamu. Contohnya, catatan file yang kamu buka, dan lainnya...

Clean Master bisa mengingatkan kamu untuk segera membersihkan sampah Windows berdasarkan waktu tertentu (misalnya setiap 1 hari sekali) dan juga ketika file sampah sudah mencapai ukuran tertentu (misalnya setiap 100 MB). Bagaimana? Keren kan??...

Fitur Dasar:

- Junk Clean. Menghapus file sampah.
- PC Boost. Mempercepat sistem.
- Privacy Clean. Membersihkan jejak ketika mengguanakan komputer.

Tampilan Clean Master.
Pada tampilan aplikasi Clean Master, terdapat beberapa menu untuk masing – masing fungsi, seperti menu Junk Clean, PC Boost, Privacy Clean, dan Tools.

Clean Master: Cara Mudah Untuk Menjaga Windows Selalu Bersih
Gambar 1 - Junk Clean.

Di menu “Junk Clean”, terdapat tombol Scan yang bisa kamu gunakan untuk mencari sampah pada Windows dan kemudian kamu bisa membersihkannya. Pada menu ini juga, kamu bisa mengetahui waktu terakhir membersihkan file sampah, dan juga berapa ukuran file sampah yang sudah kamu bersihkan.

Dan tambahan, terdapat opsi – opsi yang bisa kamu aktifkan pada bagian bawah, seperti Real-time Monitor dan Auto clean. 

Gambar 2 - Clean Master: Cara Mudah Untuk Menjaga Windows Selalu Bersihv
Gambar 2 - PC Boost.

Pada menu “PC Boost”, kurang lebih sama pada sebelumnya. Disini kamu juga akan melihat tombol Scan, hanya berbeda fungsi saja. Yakni untuk mencari pengaturan sistem yang belum di optimalkan, dan kamu bisa mengoptimalkannya untuk membuat sistem terasa lebih cepat.

Tercantum juga kapan waktu pengoptimalan terakhir yang kamu lakukan, dan juga berapa jumlah pengaturan yang kamu optimalkan.

Gambar 3 - Clean Master: Cara Mudah Untuk Menjaga Windows Selalu Bersihv
Gambar 3 - Privacy Clean.

Pada menu “Privacy Clean”, kamu juga akan melihat tombol Scan. Bisa kamu gunakan untuk mencari jejak aktifitas kamu ketika menggunakan komputer yang dimana berpotensi diintip oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kamu bisa membersihkannya setelah itu, dan membuat privacy kamu aman.

Sama juga seperti sebelumnya, disini juga tercantum kapan waktu terakhir kamu membersihkannya, dan juga berapa jumlah jejak privacy yang sudah kamu bersihkan.

Terus dibawah itu terdapat opsi yang bisa kamu aktifkan, yaitu Browser Auto-clean.

Gambar 4 - Clean Master: Cara Mudah Untuk Menjaga Windows Selalu Bersihv
Gambar 4 - Tools.

Pada menu “Tools” terdapat fungsi tambahan seperti Driver Booster, File Shredder, dan File Recovery. Namun kamu bisa menggunakannya setelah kamu mengupgrade Clean Master dari versi gratis ke versi Pro, yang tentunya dengan harga tertentu yang harus kamu bayar. 
  • Driver Booster. Untuk mencari, memperbaiki, dan memperbarui (meng-update) driver pada sistem, sehingga sistem akan berjalan lebih lancar tanpa kendala seperti hang misalnya.
  • File Shredder. Bisa kamu gunakan untuk menghapus file secara permanen dan mustahil untuk di kembalikan (recovery) dengan teknik software data recovery dan sebagainya.
  • File Recovery. Untuk memulihkan/mengembalikan file yang telah terhapus secara sengaja/tidak sengaja. 
Kesimpulan.
Secara keseluruhan aplikasi Clean Master memang patut untuk kamu gunakan, dan bisa menjadi koleksi aplikasi pembersih pada komputer kamu. Dan yang perlu kamu perhatikan, Clean Master punya 2 versi, yakni versi gratis dan versi Pro.

Yang saya tulis ini adalah versi gratis dengan 3 fungsi dasar, Junk Clean, PC Boost, dan Privacy Clean. Untuk kamu yang ingin menikmati fitur lebih dari Clean Master ini, silahkan gunakan versi Pro yang tentunya kamu harus bayar dengan harga tertentu.


Penutup. 
Oke, sekian dulu artikel tentang Clean Master: Cara Mudah Untuk Membuat Windows Selalu Bersih. Semoga bermanfaat untuk kamu. Tunggu artikel tentang aplikasi keren lainnya dari saya. Untuk itu, silahkan kunjungi terus Devata Komputer, Oke..!!...

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om...

Post a Comment

0 Comments