Baca

10/random/ticker-posts

Cara Disable Fast Startup Pada Windows 8, 8.1 dan 10

Fast Startup (Hybrid Shutdown) merupakan fitur baru yang ada sejak Windows 8, dan secara bawaan sudah aktif. Cara kerja fitur ini adalah pada saat melakukan shutdown sistem akan melakukan yang dinamakan “Hybrid Shutdown”, dan sistem akan menyimpan kernel session dan driver (bukan ditutup) yang berjalan pada file yang bernama hiberfil.sys.

Nah, saat kamu menghidupkan komputer kembali, sistem hanya perlu melanjutkan sistem yang sebelumnya telah disimpan dan tidak perlu meload ulang lagi dari awal. Sehingga memungkinkan Windows booting lebih cepat.

Masalah Terkait Fast Startup.
Dibeberapa kasus terjadi masalah ketika fitur ini diaktifkan. Misal: Sistem hang ketika melakukan restart atau shutdown, dan juga bagi pengguna dual/multiboot (misal: Win 7 dan Win 8), pengguna tidak bisa memilih OS pada saat menghidupkan komputer.

Jika kamu mengalami masalah – masalah yang disebutkan diatas, kamu bisa mematikan fitur “Fast Startup” ini. Dan berikut adalah caranya...

Cara Mematikan/Disable Fast Startup.
1. Buka Power Options, dengan cara tekan Windows + R untuk memunculkan dialog Run, kemudian ketik “powercfg.cpl” (tanpa tanda kutip) setelah itu klik OK.


2. Pada sebelah kiri, pilih “Choose what the power buttons do”.

Mematikan, Fast, Startup, Windows 8, Windows 10
Gambar 1.
3. Klik “Change settings that are currently unavailable”.

Fast, Startup, Windows, Windows 10, Windows 8
Gambar 2.

4. Hilangkan tanda centang pada “Turn on fast startup (recommended)”.

Win 10, Win 8, Mematikan Fast Startup, Cara
Gambar 3.
5. Klik “Save changes” untuk menyimpan pengaturan.

Setelah mengikuti langkah – langkah diatas, kamu sudah berhasil mematikan atau mendisable fast startup. Dan semoga masalah – masalah yang disebabkan karena fast startup ini tidak kamu alami lagi.

CATATAN: Jika kamu tidak mengalami masalah apapun terkait fast startup, sebaiknya kamu membiarkan fitur ini diaktifkan.

Terimakasih:
- Winpoin

Post a Comment

0 Comments