Baca

10/random/ticker-posts

Daftar Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flashdisk

Saat ini flashdisk memang sering digunakan untuk keperluan membuat bootable media. Karena ukurannya yang kecil, kapasitasnya pun besar sehingga bisa menampung banyak data didalamnya dan bisa dibuat multiboot, hal ini akan menghemat biaya dibanding harus membeli keping CD/DVD.
Para teknisi biasanya menggunakan flashdisk untuk keperluan maintenis (maksudnya: maintenance), misalnya untuk antivirus live usb, partition tool, dan tentunya untuk menginstall sistem operasi pada notebook/laptop yang tidak tersedia CD/DVD Drive.

Nah, disini saya akan memposting beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat boot media dari USB flashdisk. Saya akan mengkategorikannya menjadi 2 kategori, yakni “Single Bootable” yang fungsinya hanya membuat satu bootable media, dan “Multi Bootable” yang bisa di gunakan untuk membuat multiboot atau banyak installer pada 1 flashdisk.

Single Bootable.

1. Rufus.

Membuat, Bootable, Flashdisk, Rufus, Download
Tampilan Rufus.

Aplikasi berukuran kecil dan portable ini berguna untuk membuat bootable media dari flashdisk. Selain membuat Installer Windows, juga mendukung membuat bootable Linux. Opsi yang disediakan Rufus cukup “advanced” yang bisa kamu pilih untuk keperluan membuat bootable USB.  

Kamu juga tidak perlu khawatir susah dalam menggunakannya, karena aplikasi ini mudah dipahami untuk awam sekalipun apalagi mendukung Bahasa Indonesia. 


Multi Bootable.

1. YUMI – Multiboot USB Creator.

Membuat, Bootable, YUMI, Gratis, Terbaru
Tampilan YUMI.

YUMI (Your Universal Multiboot Installer) merupakan aplikasi portable yang bisa digunakan untuk membuat multiboot seperti  installer Windows, Antivirus, dan juga mendukung berbagai macam distro Linux. Tampilan aplikasi ini mirip seperti “wizard” ketika menginstall sebuah aplikasi. Jadi tidak membingungkan saat menggunakannya.


2. WinSetupFromUSB.

WinSetupFromUSB, Terbaru, Membuat, Bootable, Multiboot
Tampilan WinSetupFromUSB.

WinSetupFromUSB mirip seperti YUMI yang bisa digunakan untuk membuat multiboot flashdisk dengan fitur yang lebih banyak dibanding YUMI sehingga ukuran filenya lebih besar. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat bootable dari berbagai macam ISO, seperti Windows, Antivirus, Utilitas, dan juga Linux tentunya.


Penutup.
Itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat bootable flashdisk. Aplikasi diatas merupakan aplikasi yang sudah saya coba. Nanti artikel ini akan saya update sewaktu – waktu jika saya menemukan lagi aplikasi yang bagus lainnya, atau kamu juga bisa menambahkan aplikasi punya kamu yang belum masuk pada daftar melalui kolom komentar...

Post a Comment

1 Comments