Baca

10/random/ticker-posts

Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa Di Buka

Gambar 1: Tampilan Task Manager – Windows XP.

Task Manager adalah sebuah tool dari sistem operasi Windows yang gunanya untuk melihat daftar program yang berjalan, melihat jumlah memori (RAM) yang di gunakan, menutup program yang hang atau not responding, dan sebagainya. Tentunya Task Manager ini sangat bermanfaat untuk kegiatan sehari – hari saat menggunakan komputer. 

Kadang kala pernah mengalami masalah Task Manager tidak bisa dibuka, muncul pesan Task Manager has been disabled by your administrator. Masalah ini biasanya terjadi karena ada perubahan pada registry yang terkait Task Manager ini. Bisa jadi disebabkan oleh virus, virus menggunakan cara ini untuk melindungi dirinya agar tidak bisa dilihat dan juga dimatikan program virusnya.

Gambar 2: Pesan yang yang muncul saat menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+DELETE.

Dan pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi masalah Task Manager tidak bisa di buka beserta dengan gambar. Sebenarnya tutorial seperti ini sudah banyak yang membuat, cari aja di paman Gugel. Tapi tidak ada salahnya saya memposting tutorial ini, untuk catatan dan mungkin bisa bermanfaat untuk sahabat. Ayo kita mulai saja...

TUTORIAL:
Klik tombol “Start” dan kemudian ketikRun”, atau bisa dengan menekan kombinasi tombol Win+R hingga muncul seperti gambar di bawah ini.

Gambar 3: Tampilan “Run”.


1   Kemudian ketik “Regedit” tanpa tanda kutip pada kolom dan kemudian klik tombol “OK” untuk membuka Registry Editor.


Gambar 4: Ketik “Regedit” tanpa tanda kutip pada kolom.

Gambar 5: Tampilan Registry Editor. 

Pada Registry Editor silahkan pergi ke alamat registry “HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System” seperti gambar dibawah ini.

Gambar 6 : Registry Editor -HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System.

Pada alamat registry ini lihat di sebelah kanan, sahabat akan menemukan sebuah value bernama “DisableTaskMgr” seperti gambar di atas, silahkan hapus value tersebut. Atau bisa juga dengan mengklik 2X value tersebut dan rubah nilainya menjadi “0” pada kolom “Value Data” kemudian klik “OK”. Seperti gambar di bawah ini.

Gambar 7: Tampilan editor nilai value “DisableTaskMgr”.

SELESAI…

Nah sampai disini silahkan tutup Registry Editor, dan silahkan coba membuka Task Manager dengan menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+Delete pada keyboard. Seharusnya sekarang Task Manager sudah bisa dibuka.

Alternatif lain:
Cara Mengatasi Task Manager Tidak Bisa Dibuka - Bagian 2 
Cara Mengaktifkan Task Manager Dan Registry Editor Dengan Notepad 

Jika sahabat menemukan kesulitan, silahkan bertanya pada komentar.

TERIMA KASIH, SEMOGA BERMANFAAT…

Post a Comment

0 Comments